Sunday 29 July 2012

TIPS MEMILIH SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) UNTUK ANAK


sekolah menengah - indonesia


Memilih sekolah favorit sering dilakukan para orang tua. SMP favorit atau SMA favorit menjadi incaran banyak orang. Sekolah-sekolah yang dikenal mampu menghasilkan lulusan terbaik dengan nilai tinggi tentu menjadi sasaran para orang tua untuk menitipkan pendidikan anak-anak mereka. Apakah label sekolah favorit saja cukup? Anda harus mempertimbangkan beberapa poin berikut!


Kredibilitas Sekolah
Sekolah favorit tentu memiliki kredibilitas yang baik, langganan juara dan segudang prestasi yang tampak menjanjikan. Anda tidak perlu repot mempertanyakan kredibilitas sekolah favorit. Tetapi jika Anda melirik sekolah lain di luar daftar sekolah favorit, maka Anda harus melakukan penelusuran mengenai sekolah tersebut. Apa saja prestasi yang telah dihasilkan, bagaimana perilaku murid-murid yang diajar, bagaimana kredibilitas para pengajar dan lain sebagainya.
Fasilitas Sekolah
Anda juga harus cermat memilih sekolah dengan berbagai fasilitas yang memang dibutuhkan buah hati Anda sebagai media belajar. Periksa apakah sekolah yang akan Anda pilih memiliki laboratorium untuk praktik berbagai pelajaran, misalnya Fisika, Biologi dan Kimia, juga fasilitas ruang bahasa, ruang komputer, lapangan olahraga, kantin yang sehat, kamar mandi yang bersih dan lain sebagainya.
Kesiapan Dana
Semakin lengkap dan favorit sebuah sekolah, biasanya akan mengajukan biaya yang tidak sedikit. Periksa kembali kesiapan dana Anda dan cocokkan dengan daftar biaya yang diberikan sekolah. Minta data yang lengkap dari pihak sekolah, tak hanya dana yang harus dibayar pada awal tahun ajaran, tetapi juga biaya apa saja yang harus dikeluarkan selama anak Anda bersekolah di sana.
Lokasi Sekolah
Apakah sekolah cukup jauh dari rumah? Berapa waktu yang dibutuhkan anak untuk mencapai sekolah? Sarana apa yang bisa dipakai anak untuk mencapai sekolahnya? Apakah sarana itu cukup mudah? Pertimbangan ini tentu harus Anda perhatikan, mengingat anak Anda harus ke sekolah hampir setiap hari dan lamanya perjalanan bisa menjadi penghambat proses belajar. Faktor kelelahan dan banyaknya aktivitas anak di sekolah yang berkaitan dengan lokasi sekolah harus Anda pertimbangkan.
Kemampuan Anak
Siapa yang tidak bangga jika buah hati mampu menjadi salah satu murid di sekolah terbaik atau sekolah favorit? Tetapi Anda yang paling tahu kemampuan anak-anak Anda. Jika anak Anda sering mengalami kesulitan mengejar nilai-nilai pelajaran, memaksanya masuk ke sekolah favorit bisa menyebabkan stres dan tekanan yang bisa menyebabkan nilai-nilai pelajarannya makin berantakan. Diperlukan kebijaksanaan Anda di sini untuk memilih sekolah mana yang lebih tepat dengan kemampuan Anak Anda.
Semoga tips ini bisa membantu Anda, dan semoga anak Anda cocok dengan sekolah barunya.


No comments:

Post a Comment